Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, 08 November 2009

Asal-Usul Smiley atau Emoticon

Minggu, 08 November 2009

Tahu kata-kata ini kan?
"Hai beibh..
Kamu kemana aja sih, kok aku telepon gak diangkat-angkat? :-(
Aku kan sendirian disini.. aku pengen berduan sama kamu nih.. :-)
Kamu datang ya kerumah aku!"

Atau yang seperti ini!

"Huu... itu orang sok cantik banget sih.. ;-(, tapi kalau dipikir-pikir lagi sih emang cantik. :-)"

Haha...
2 contoh diatas adalah kata-kata yang diperindah (maknanya/diperjelas) dengan beberapa Smiley atau Emoticon. Maksud dari pengunaan Smiley atau Emoticon adalah, agar memudahkan menangkap emosi yang dituliskan oleh penulis dan juga mencegah kesalah pahaman yang sering terjadi pada saat si penulis membuat joke (candaan) dalam sebuah tulisan supaya tidak berujung pada sebuah penghinaan oleh penulis.

Maka dari itu, pada 19 september 1982 Seorang Profesor Ilmu Komputer di Universitas Carnegie Mellon pada Bulletin Boards CMU CS membuat pesan dengan rangkaian karakter yang menunjukan sebuah ekspresi. Smiley pertama kali berupa rangkaian karakter ASCII seperti ini, :-) . Karena bentuknya yang terlihat seperti wajah yang tersenyum jika memiringkan kepala kearah kiri.

Ketika sekian lama tidak diketahui penemunya, akhirnya pesan bersejarah itu berhasil ditemukan oleh Jeff Baird dkk pada 10 september dari tempat backup berupa pita penyimpanan spice vax (cmu-750x) yang pernah digunakan antara tahun 1981-1983. Seperti ini lah pesan bersejarah itu:




Hanya dalam hitungan bulan penggunaannya telah menyebar melalui ARPANET (internet pertama kali) dan Usenet. Akhirnya, berbagai fariasi karakter pembentukan smiley mulai berkembang dan dibuat oleh Scott dkk. Kaya gini [T_T], [^.^], [>.<], gak tau deh dari ke tiga smiley itu termasuk salah satu buatan Scott dkk apa bukan. Hehe.. >,<

Untuk dapat membaca dan melihat keseluruhan pesan diatas, klik aja disini! [memicu penggunaan Smiley untuk yang pertama kalinya].

Atau bisa juga melihat seluruh isi dari "bulletin boards" bulan oktober 1982 yang berhasil di re-store dari pita penyimpanan spice vax disini!. Kalian juga bisa membaca kesaksian dari Scott Fahlman mengenai Smiley disini!

Penggunaan Smiley yang terus meledak pada tahun 80-an dan menjadi budaya sosial di dunia maya. Dan sampai sekarang, Smiley itu pun terus di Up-date [semakin beragam] sehingga lahirlah Smiley dengan bentuk yang kecil/icon. Maka itu, muncul sebutan baru yaitu Emoticon [Emotion Icon] .

Namun.. karena penyedia Emoticon itu agak sulit didapatkan kalau kita mau mengetik sesuatu pesan, maka masyarakat masih banyak yang menggunakan Smiley sebagai alternatif tercepat jika tidak ada Emoticon.

0 komentar:

Posting Komentar

 

For Rent Free

Uploaded with ImageShack.us

Banner

For Rent Free

Uploaded with ImageShack.us