Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Selasa, 09 April 2013

Selasa, 09 April 2013
   
PARALEL STRING MULTI PACKER
 

            Paralel string multi packer adalah bagian dari produksi suatu fluida reservior berupa minyak dan gas yang dilakukan karena pada satu lubang terdapat lebih dari satu formasi yang diperforasi. Jumlah dari tubing yang digunakan sesuai dari jumlah formasi yang diperforasi. Jika diketahui pada satu lubang terdapat dua formasi yang di perforasi, maka tubing yang digunakan juga terdapat dua buah.

 

            Pada gambar diatas, packer yang digunakan terdapat dua buah. Paralel string multi packer berfungsi untuk menyekat aliran fluida yang akan di produksi. Karena ketika diproduksikan jika terdapat dua atau lebih fluida dan berbeda tekanan, ketika diproduksikan harus menggunakan sekat seperti packer. Fungsi packer selain menyekat fluida karena berbeda jenis fluida formasinya, juga karena perbedaan tekanan. Jika formasi dibawahnya tidak menggunakan packer, maka ketika di perforasi fluida yang dari formasi bawahnya karena tekanan lebih besar, fluida yang dari bawah mendorong fluida yang diatasnya. Karena fluida yang dibawahnya mendorong fluida yang diatasnya, maka bukannya fluida tersebut terproduksi, tetapi fluida tersebut mendorong fluida diatasnya kedalam formasi yang diatasnya. Maka kejadian tersebut menjadi migrasi sekunder.

                                

            Fungsi packer dalam gambar diatas adalah menyekat fluida yang berada di bawah formasinya agar tidak tercampur ketika diproduksikan. Tubing terdapat dua buah, tubing pertama yang masuk sampai bawah berguna untuk mengalirkan fluida formasi masuk ke tubing. Packer dipasang ke tubing pertama agar fluida pertama tidak diproduksikan bersamaan fluida diatasnya. Lalu pada formasi ke dua, fluida diproduksikan dengan menggunakan tubing dua dan dipasang packer agar fluida tersebut masuk ke fluida kedua.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

 

For Rent Free

Uploaded with ImageShack.us

Banner

For Rent Free

Uploaded with ImageShack.us